BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa departemen. Dengan semangat mahasiswa sebagai agent of change (agen pengubah) , BEM mencoba menjadi sebuah lembaga yang bisa mewadahi aspirasi mahasiswa yang memiliki semangat untuk melakukan perubahan, dalam paradigma, emosional, intelektual sekaligus nilai-nilai religius. BEM mempunyai 4 fungsi yaitu pengabdian, pergerakan, minat dan bakat serta kesejahteraan.

Bagi mahasiswa baru yang ingin terlibat langsung dan aktif berorganisasi, menjadi pengurus organisasi di kampus nampaknya jadi pilihan tepat buat kamu. Sebelum itu, enggak ada salahnya untuk mencari tahu apa saja, sih, sebenarnya organisasi yang ada di kampus, tugas-tugas mereka, serta perbedaannya satu sama lain. Untuk itu, berikut kumparan rangkum macam-macam organisasi di kampus beserta pemaparan detail mengenai tugas mereka masing-masing. Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM merupakan lembaga eksekutif dalam kampus yang terdiri dari beberapa pengurus dari berbagai latar belakang mahasiswa. Baik dari jurusan maupun fakultas yang berbeda.

 

Seperti Perguruan Tinggi lainnya, STIM SUKMA Juga Punya Organisasi BEM yang Keren lho

 

Untuk BEM itu sendiri, terdapat tingkatan yaitu BEM Fakultas dan BEM Universitas.

Bedanya, BEM Fakultas menjadi perwakilan mahasiswa di tingkat fakultas dan mengeksekusi beberapa program kerja yang direncanakan dari fakultas dengan pengurus yang berasal dari berbagai macam jurusan dalam lingkup fakultas tersebut.

Sedangkan untuk BEM Universitas, kurang lebih punya tugas yang sama juga sebagai perwakilan mahasiswa namun di tingkat yang lebih luas lagi yaitu seluruh kampus. Para pengurusnya pun lebih variatif karena berasal dari berbagai fakultas yang ada dalam universitas tersebut.

Ketua BEM, baik fakultas maupun universitas, akan dipilih dengan cara pemilihan langsung, semacam pemilu di dalam kampus dan mahasiswa lain menjadi rakyatnya, atau pemilih.

Untuk pengurus BEM, sistem yang digunakan dalam menyeleksi adalah dengan open recruitment. Kemudian, para calon pengurus ini akan diminta penyampaian visi dan misi mereka dihadapan para mahasiswa dan dosen dan diseleksi oleh para pengurus inti BEM. Mahasiswa tetunya bukan hanya sekedar Kupu-Kupu (KUliah-PUlang) dikampus, tapi juga harus aktif melakukan berbagai macam kegiatan, baik yang ada dikampus itu sendiri, maupun diluar kampus. Setiap mahasiswa nantinya diharapakan menjadi pemimpin ditempat dia bekerja, di kampuslah kesempatan itu dilatih.

×

Hai!

Selamat datang di Situs Website D3 Manajemen STIM SUKMA MEDAN, klik pada salah satu Tim Support kami dibawah ini, untuk berkomunikasi dengan kami via WhatsApp atau email Kami ke
stimsukma1@gmail.com & stims@stimsukmamedan.ac.id.

× Hai! Butuh Bantuan ?